Beliau ditanya : Apa saja syarat-syarat puasa?
Beliau menjawab :
Syarat puasa ialah dilakukan oleh seorang muslim yang mukallaf/sudah terbebani syari’at, dan dia sanggup berpuasa.
—
Beliau ditanya : Apakah masuknya bulan Ramadhan bisa ditetapkan berdasarkan ru’yah/persaksian melihat bulan dari seorang saksi saja?
Beliau menjawab :
Ya. Telah datang riwayat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya beliau pernah menetapkan masuknya Ramadhan berdasarkan persaksian seorang lelaki badui. Lelaki itu mengatakan bahwa dia telah melihat hilal.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bertanya kepadanya, “Apakah kamu bersaksi bahwa tidak ada ilah/sesembahan yang benar selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah?” maka dia pun menjawab, “Ya.” Maka beliau pun memerintahkan puasa (HR. Tirmidzi dan dinyatakan sahih oleh al-Albani dalam Sahih Tirmidzi)
—
Beliau ditanya : Kapankah waktu berniat bagi orang yang hendak puasa atau niat puasa itu?
Beliau menjawab :
Niat puasa wajib harus dilakukan pada malam hari yaitu sebelum terbit fajar kedua (sebelum waktu subuh, pent). Adapun puasa sunnah maka kapan saja dia meniatkan boleh walaupun setelah terbit matahari dengan syarat dia belum makan atau minum, maka puasanya tetap sah.
—
Beliau juga ditanya : Apakah orang yang berpuasa wajib makan sahur?
Beliau menjawab :
Tidak wajib tetapi mustahab/dianjurkan, karena badan akan menjadi semakin kuat dengan hal itu.
—
Beliau juga ditanya : Apakah wajib bagi orang yang berpuasa untuk berbuka ketika terbenamnya matahari?
Beliau menjawab :
Tidak wajib, akan tetapi hal itu dianjurkan/mustahab. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melarang dari perbuatan wishol/menyambung puasa. Beliau menyatakan, “Barangsiapa ingin melakukan wishol/menyambung puasa maka hendaklah dia wishol hingga waktu sahur -artinya dia tunda buka hingga saat sahur, pent-.” (HR. ad-Darimi)
—
Beliau ditanya : Apakah hukum orang yang berpuasa tetapi meninggalkan sholat?
Beliau menjawab :
Apabila dia tidak sholat sedangkan dia berpuasa maka saya katakan : Puasa tidak diterima dari orang yang tidak sholat. Apabila Allah beri petunjuk kepadanya niscaya Allah akan berikan taubat kepadanya, dan taubat itu akan menghapus dosa-dosa yang sebelumnya.
—
Beliau ditanya : Seorang yang tidak sholat kecuali ketika Ramadhan, bagaimana hukum puasanya?
Beliau menjawab :
Orang ini seolah-olah tidak mengerjakan sholat dan juga tidak puasa.
—
Beliau ditanya : Kami menghendaki nasihat untuk para pelajar/mahasiswa yang berbuat curang/mencontek ketika ujian pada bulan Ramadhan?
Beliau menjawab :
Para pelajar itu sungguh mengalahkanku. Mereka tidak mendengar ucapanku ketika aku mengawasi mereka pada saat ujian. Aku ingatkan mereka akan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Orang yang berbangga dengan sesuatu yang bukan menjadi miliknya seolah-olah dia seperti orang yang mengenakan dua lembar pakaian kedustaan.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Dengan demikian, wajib bagimu wahai saudaraku pelajar untuk mencukupkan diri dengan ilmu yang diberikan Allah kepadamu. Itu sudah cukup untuk menjawab soal-soal.
Sumber : Fatawa ash-Shiyam oleh Syaikh Ahmad bin Yahya an-Najmi. Cet. Darul Minhaj
—
Sekilas Biografi Syaikh Ahmad an-Najmi
Beliau adalah Syaikh Ahmad bin Yahya bin Muhammad bin Syubair an-Najmi. Beliau dilahirkan pada 22/10/1346 H di kota Nijamiyah. Beliau anak tunggal dari dua orang tua yang salih. Beliau menimba ilmu kepada ulama besar bernama Syaikh Abdullah bin Muhammad al-Qar’awi rahimahullah yang mendirikan madrasah salafiyah di Shamithah pada tahun 1359 H.
Setelah belajar kepada gurunya ini, Syaikh Ahmad pun diberikan tugas untuk mengajar di Ma’had al-‘Ilmi di Shamithah pada tahun 1374 H ketika pertama kali ma’had itu dibuka. Beliau terus mengajar di ma’had tersebut hingga tahun 1384 H. Kemudian setelah itu beliau pun berpindah meneruskan kegiatan mengajar di Universitas Islam Madinah.
Diantara guru-guru beliau adalah :
– Syaikh Abdullah bin Muhammad al-Qar’awi rahimahullah -ulama besar di arab bagian selatan-
– Syaikh Hafizh bin Ahmad Hakami rahimahullah
– Syaikh Muhammad bin Ibrahim alu Syaikh rahimahullah -mufti agung arab saudi di masa itu-
– Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah
Adapun diantara murid-murid beliau adalah :
– Syaikh Dr. Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah
– Syaikh Zaid bin Muhammad bin Hadi al-Madkhali rahimahullah
– Syaikh Dr. Ali bin Nashir Faqihi hafizhahullah
– Syaikh Dr. Muhammad bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah
Diantara karya-karya Syaikh Ahmad an-Najmi adalah :
– Itmamul Minnah penjelasan Ushul Sunnah karya Imam Ahmad
– Fat-hu Rabbil Ghani penjelasan Syarh Sunnah karya Imam al-Muzani
– Fat-hu Rabbil Wadud penjelasan Kitab as-Sunnah dari Sunan Abu Dawud
– Irsyad as-Saari penjelasan Syarh Sunnah karya Imam al-Barbahari
– at-Ta’liqat al-Bahiyah ‘ala Rasa’il ‘Aqadiyah
– asy-Syarh al-Mujaz penjelasan Kitab Tauhid Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab
– Fat-hu Rabbil Ghafur penjelasan al-Wajibat al-Mutahattimat
– al-Fatawa al-Jaliyah ‘anil Manahij ad-Da’awiyah
Diantara tanda kerendahan hati beliau adalah beliau menukil di dalam sebagian kitabnya faidah-faidah yang bersumber dari sebagian muridnya, dan hal ini tentu menunjukkan ketawadhu’an beliau yang luar biasa.
Syaikh Zaid bin Hadi rahimahullah mensifati gurunya ini dengan ucapannya, “Syaikh Ahmad adalah seorang murabbi/pentarbiyah. Dan benar-benar beliau adalah sosok pendidik yang utama dengan akhlaknya, sosok pendidik dengan interaksinya bersama murid-muridnya, teman-temannya, dan juga masyarakatnya.”
Suatu ketika dalam salah satu acara pengajian beliau disanjung dengan sanjungan yang sangat besar maka beliau pun berkata, “Innama ana thuwailibu ‘ilmin shaghiir” artinya, “Saya ini hanyalah seorang penimba ilmu pemula yang masih kecil.”
Syaikh Ahmad adalah seorang guru yang sangat sabar dalam mengajar. Dalam sehari beliau terkadang mengajar sampai tujuh pelajaran. Belum lagi ditambah dengan banyaknya orang yang datang meminta fatwa kepada beliau baik dari dalam ataupun luar daerah. Bahkan sampai pun ketika beliau sedang berada di atas pembaringan karena sakit baik di rumahnya maupun ketika berada di rumah sakit. Beliau tetap menyimak kitab yang dibacakan kepadanya dan berusaha untuk memberikan jawaban kepada orang-orang yang meminta fatwa kepadanya.
Syaikh Ahmad juga seorang yang sangat menjaga kehormatan/‘iffah. Dikisahkan, bahwa suatu ketika beliau melewati sebuah toko roti. Beliau mengatakan kepada muridnya, “Saya ingin membeli roti satu real.” Kemudian si murid pun mengambilkan roti itu dari toko roti.
Pegawai toko roti itu berkata, “Kamu tidak perlu minta 1 real dari Syaikh. Katakan kepada beliau : Perkara ini mudah (tidak usah dibayar, pent).” Maka Syaikh berkata kepada muridnya, “Katakan kepada mereka : Silahkan pilih; mereka ambil uang 1 real ini atau aku kembalikan rotinya.” Akhirnya mereka pun bersedia mengambil uang 1 real itu.
Beliau wafat pada tahun 1429 H setelah menderita sakit yang cukup lama. Semoga Allah merahmati beliau dan menjadikan kita termasuk orang-orang yang bisa memetik faidah dari ilmu dan akhlak beliau. Untuk menyimak lebih lengkap silahkan membaca biografi beliau dalam mukadimah kitab at-Ta’liqat al-Bahiyah ‘ala ar-Rasa’il al-‘Aqadiyah, hal. 41-54 (cet. Darul Minhaj)
—